20 Tips Menjadi Seorang Pelayan Yang Profesional

Sebuah restoran akan dipandang baik dan profesional ketika pelayanan nya bagus dan mengesankan. Yang membedakan antara Restoran mewah (exclusive) dan restoran umum bisa kita lihat dari segi pelayanannya. Tentunya kita tahu kalau restoran yang mewah akan memberikan pelayanan extra dan super. Sehingga memberikan kesan yang melekat di hati pelanggan, dan nantinya restoran itu akan menjadi tempat favorit yang sering di kunjunginya. Lebih-lebih lagi bisa menjadi promosi gratis dari pelanggan ini, dengan mengajak rekan kantor, bisnis, teman, maupun keluarga besar. Oleh karena itu, pemilik restoran lebih ketat dalam memilih seorang pelayan yang handal, master dan profesional.

Hal yang penting untuk menjadi seorang pelayan yang profesional tidak hanya dilihat dari tampilan luarnya saja. Namun tidak hanya itu, inner beauty (karakter dalam diri) seseorang juga berperan penting dalam hal ini. Dan Karakter ini akan mampu memancarkan energi positif bagi seorang pelayan kepada pelanggannya. Sehingga, nantinya diharapkan mampu untuk mengait hati seorang pelanggan.heee.. Akan tetapi, tetap penampilan luar seseorang harus diperhatikan juga, senyum kepada pengunjung restoran, memberi salam akan menjadi nilai lebih dari seorang pelayan.

Karena Pentingnya menjadi seorang pelayan yang profesional. Maka pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang Tips Menjadi Seorang Pelayan Yang Handal dan Profesional. baik dari segi karakter dan penampilan seorang pelayan. yuk simak penjelasannya ya.

Inilah beberapa tips yang harus dimiliki bagi seorang pelayan yang profesional:

  1. Lancar Dalam Berkomunikasi

    Menggunakan bahasa yang jelas dan mengikuti etiket layanan pelanggan yang tepat memungkinkan membangun komunikasi bisnis yang terhormat dengan klien dan membantu menciptakan citra positif bagi perusahaan Anda.

  2. Efektif Dalam Berbicara

    Agen layanan pelanggan persuasif mampu mengarahkan pelanggan ke arah tindakan yang benar, yang membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang rumit.

  3. Mampu Berbicara Bahasa Yang Positif

    Menggunakan bahasa positif dan menghindari frase negatif akan sangat membantu dalam menyelesaikan situasi konflik dan menciptakan kesan yang lebih baik tentang srvice Anda dalam pikiran pelanggan.

  4. Lebih Aktif Mendengarkan

    Memahami masalah pelanggan dengan benar dan mengantisipasi kemungkinan pertanyaan adalah kunci komunikasi yang efektif dan interaksi pelanggan yang lebih pendek.

  5. Memperhatikan Sesuatu Dengan Detail

    Berhati-hati terhadap semua detail yang dibagikan oleh pelanggan membantu untuk menargetkan masalah dengan lebih tepat, hindari kesalahpahaman dan povide solusi tepat di tempat.

  6. Memiliki Rasa Percaya Yang Tinggi

    Keyakinan interaksi layanan pelanggan menciptakan latar belakang kepercayaan dan profesionalisme untuk komunikasi dengan klien dan membuat pelanggan merasa bahwa masalah mereka penting.

  7. Mampu Membuat Pelanggan Percaya Kepada Anda

    Meskipun, secara statistik, 90% masalah layanan pelanggan sangat mendasar, dibutuhkan banyak kesabaran untuk mentransfer pengetahuan dan pengalaman Anda kepada pelanggan.

  8. Bahasa Tubuh Baik

    Bahasa tubuh yang tepat membantu agen untuk berbagi sikap positif dan memikat pelanggan untuk juga bersikap terbuka dan ramah dan bekerja sama dengan petugas servis.

  9. Memiliki Rasa Empati

    Menunjukkan empati dan menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan merupakan fondasi yang baik untuk mendapatkan pelanggan seumur hidup bagi perusahaan Anda.

  10. Memahami Psikologi Pelanggan

    Keterampilan psikologi yang baik adalah aset tak ternilai bagi agen layanan pelanggan yang membantu mereka membaca pelanggan dan menemukan pendekatan yang tepat untuk mereka dalam setiap interaksi.

  11. Memanajemen Waktu Dengan Baik

    Di bawah tekanan waktu, penting bahwa agen layanan mampu mendistribusikan usaha mereka dengan bijak dan memberikan setiap masalah spesifik hanya dengan jumlah perhatian yang dibutuhkannya.

  12. Kreativitas

    Pendekatan kreatif tidak tergantikan untuk menangani klien yang sulit dan masalah yang rumit dan memenangkan banyak poin perusahaan Anda dalam hal menghasilkan lebih banyak pelanggan setia dan puas.

  13. Fleksibilitas

    Fleksibilitas dalam berpikir membantu menemukan cara komunikasi yang tepat dengan setiap pelanggan dan memberikan pengalaman persuasi kepada mereka.

  14. Akuntabilitas

    Akuntabilitas adalah keterampilan yang harus dipunyai untuk agen layanan pelanggan, karena kebahagiaan pelanggan Anda akan dipercaya ke tangan mereka dan penting bagi mereka untuk memeluk tanggung jawabnya.

  15. Memiliki Jiwa Pemimpin

    Keterampilan kepemimpinan sangat penting untuk menyediakan layanan terbaik. Menjadi pemimpin berarti bertanggung jawab penuh untuk memastikan masalah pelanggan diselesaikan secepat dan se-efisien mungkin.

  16. Bersikap Positif

    Sikap ramah positif adalah dasar interaksi layanan pelanggan yang lancar dimana pelanggan lebih cenderung puas dengan layanan dan memberikan umpan balik positif mengenai hal itu.

  17. Pengambilan Keputusan

    Kemampuan untuk membuat keputusan adalah keterampilan penting dari orang layanan yang akan memungkinkan atasan memberdayakan orang layanan pelanggan mereka dan mempercayai kebijaksanaan mereka sendiri.

  18. Motivasi Diri

    Motivasi diri memastikan bahwa agen layanan pelanggan akan terus berusaha untuk mendapatkan yang lebih baik dan menginvestasikan waktu dan usaha untuk meningkatkan kinerjanya.

  19. Kemampuan Dalam Bekerja Sama

    Mampu bekerja dalam tim membantu menciptakan lingkungan yang positif dan mendukung di kantor, meningkatkan produktivitas agen dan mengurangi waktu penyelesaian masalah.

  20. Mempunyai Selera Humor

    Memiliki rasa humor memungkinkan mempertahankan pandangan positif, membuat masalah pelanggan menjadi mudah membuat interaksi layanan pelanggan yang berpotensi menimbulkan stres semakin menyenangkan.

 

Dari beberapa Tips dan cara diatas untuk menjadi seorang pelayan yang profesional dalam melayani seorang pelanggan bisa anda praktekkan dan di latih sejak dini, Karena suatu karakter akan terbentuk sesuai dengan kebiasaan seseorang. Diharapakn bisa menjadi motivasi bagi anda yang ingin menjadi seorang pelayan yang profesional dalam pelayanan terhadap pelanggan.

Semoga bermanfaat, Terima kasih

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s