Makan Sahur dengan Ikan Tongkol, Inilah Manfaat dan Kandungannya

Makan Sahur Sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu tujuan dari makan sahur ini untuk menguatkan puasa di siang harinya. Jadi harus pintar-pintar memilih menu sahur ya guys. Kami merekomendasikan untuk sahru dengan ikan tongkol, lah kenapa? mari simak manfaat dan kandungan dari ikan ini.

Ikan tongkol ini sangat bagus di konsumsi saat sahur. karena ikan ini banyak sekali kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda. Bisa menjadi stamina dan energi ketika puasa. Di dalam ikan ini kaya akan kandungan protein dan omega 3, yang di ketahui sangat baik bagi kesehatan dan meningkatkan otot kita. Bagi anda yang sedang berpuasa sangat baik bisa menghidangkan menu makanan dari ikan tongkol ini.

Dari sebuah penelitian yang telah dilakukan kandungan nilai gizi dari ikan tongkol ini adalah sebagai berikut :

Banyaknya Ikan Tongkol segar yang diteliti  100 gr

Bagian Ikan Tongkol yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %

Jumlah Kandungan Energi Ikan Tongkol = 117 kkal

Jumlah Kandungan Protein Ikan Tongkol = 23,2 gr

Jumlah Kandungan Lemak Ikan Tongkol = 2,7 gr

Jumlah Kandungan Karbohidrat Ikan Tongkol = 2 gr

Jumlah Kandungan Kalsium Ikan Tongkol = 20 mg

Jumlah Kandungan Fosfor Ikan Tongkol = 10 mg

Jumlah Kandungan Zat Besi Ikan Tongkol = 60 mg

Jumlah Kandungan Vitamin A Ikan Tongkol = 11 IU

Jumlah Kandungan Vitamin B1 Ikan Tongkol = 30 mg

Jumlah Kandungan Vitamin C Ikan Tongkol = 10 mg

Setelah mengungkap kandungan gizi yang ada di ikan tongkol ini terungkap bahwa manfaat mengkonsumsi ikan ini adalah sebagai berikut :

1. Kandungan Protein yang tinggi

Sudah di sebutkan di atas ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki kandungan protesin yang tinggi. Protein pada ikan tongkol sering dimanfaatkan sebagai asupan protein yang rendah lemak, biasanya sebagai pengganti manfaat daging merah. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari protein yang terkandung di dalam ikan tongkol :

  • Meningkatkan masa otot
  • Menambah daya tahan tubuh
  • Memperkuat otot
  • Mengikat lemak
  • Memberikan energy lebih bagi tubuh

2. Menjaga Kesehatan Mata

Setelah dilakukan penelitian ditemukan bahwa kandungan omega 3 dan vitamin A yang ada pada ikan ini dapat mengurangi resiko rabun akibat penuaan. Jika anda rutin mengkonsumsi ikan ini maka mata anda akan lebih sehat meski usia anda mulai menua.

3. Menyembuhkan Penyakit Rematik

Rasa sakit yang di akibatkan dari penyakit rematik memang sangat mengganggu anda. Untuk mengurangi rasa sakit tersebut mungkin anda biasanya dengan mengkonsumsi obat-obatan, namun alangkah baiknya anda juga mencobanya dengan mengkonsumsi ikan tongkol ini untuk mengobati penyakit rematik yang anda derita. Anda dapat mengolah ikan ini untuk berbagai masakan, sesuai keinginan anda. Lebih enak bukan daripada harus mengkonsumsi obat rematik yang mempunyai efek samping.

4. Mencegah Anemia

Sudah di sebutkan di atas bahwa ikan ini mempunyai kandungan zat besi, kekurangan zat besi akan mengakibatkan tubuh anda lemah, letih lesu dan juga penurunan daya tahan tubuh anda. Apabila tanda-tanda itu ada pada anda mungkin anda terkena anemia. Denan mengkonsumsi ikan ini anda dapat menghindari penyakit tersebut tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan.

Tapi perlu di ingat bahwa untuk pencegahan anemia ini sebaiknya anda mengkonsumsi ikan ini dalam olahan masakan di rebus atau sop, ini bertujuan agar zat besi yang terkandung masih tetap tinggi.

5. Mencegah Ejakulasi Dini

Selain daging pada ikan ini, ternyata insangnya juga mempunyai manfaat khususnya bagi kaum pria. Bagi para pria yang mengalami ejakulasi dini, mengkonsumsi ikan ini dapat di jadikan sebuah solusi dan bagi anda yang tidak, mengkonsumsi insang ikan ini merupakan suatu bentuk pencegahannya terhadap penyakit ini. Cara mengolah insang ikan ini cukup mudah yaitu Rebus insang dari ikan tongkol segar dengan menggunakan 3-4 lembar daun jeruk purut, kemudian Tambahkan garam, masak hingga mendidih lalu Minum airnya kira-kira 1 sampai 2 jam sebelum melakukan hubungan.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan omega 3 yang ada pada ikan ini selain dapat menyehatkan mata juga dapat menjaga kesehtan jantung anda. Kandungan omega 3 di percaya dapat menstabilkan detak jantung sehingga memungkinkan anda terhindar dari serangan jantung.

7. Meningkatkan kemampuan kognitif

Omega 3 yang tekandung dalam ikan tongkol dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir dan kemampuan kognitif seseorang. Selain bermanfaat bagi yang ingin meningkatkan kemampuan kognitif, dapat juga bermanfaat bagi ibu yang sedang mengandung, agar kemampuan kognitif dari bayi menjadi semakin baik.

8. Detoksifikasi hati

ikan tongkol mengandung selenium yang di percaya dapat membantu organ hati untuk melakukan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun tubuh. Selenium dapat mempercepat dan membantu proses tersebut.

9. Menyehatkan saluran pencernaan

kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan tongkol sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat lain omega 3 ini, adalah membantu dalam menjaga saluran pencernaan tubuh. Hal ini dapat mengurangi resiko terjadinya kanker pada organ-organ pencernaan dan juga membantu mencegah terjadinya kanker ovarium pada wanita.

10. Mencegah terjadinya obesitas

Ikan tongkol memiliki kandungan EPA yang tinggi. EPA yang tinggi ini dapat menstimulasi munculnya hormon leptin yang dapat menghindari keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang berlebihan. Dengan menghindari konsumsi makanan yang berlebihan ini, maka akan terbantu dalam mencegah terjadinya obesitas pada diri.

11. Menyehatkan Kulit

Masalah kulit yang sering di alami wanita yaitu kulit kusam dan kasar. Apabila ini terjadi pada wanita tentunya sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Nah salah satu alternatif untuk mengatasi kulit kusam dan kasar anda dapat menggunakan ikan tongkol ini. Cara mengolahnya untuk mengatasi kulit kusam dan kasar yaitu Ambil kulit ikan tongkol dengan cara disayat-sayat, khusunya di sekitar sirip punggung sampai ekor. Rebus dengan batang serai yang dimemarkan dan tambahkan garam secukupnya. Makan sekaligus kuahnya secara rutin 2 – 3 kali seminggu.

Nah itulah beberapa manfaat ikan tongkol bagi kesehatan anda. sangat baik sekali bila jadi hidangan sahur kita. Semoga artikel singkat ini memberikan manfaat yang besar buat anda semua. Terima kasih telah berkunjung. (duniahq.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s