Manfaat Rumput Laut Dan Nutrisi Yang Terkandung Didalamnya

Manfaat rumput laut bagi kesehatan sangat besar karena tumbuhan ini mengandung sejumlah vitamin dan nutrisi penting yang sangat diperlukan tubuh. Tumbuhan ini sering diolah menjadi makanan yang lezat, juga dibuat sebagai bahan kosmetik.

Sayuran laut, seperti rumput laut, berkontribusi terhadap asupan sayur mingguan Anda, dengan diperlukan 17,5 cangkir untuk perempuan dan 21 untuk laki-laki, menurut Departemen Pertanian AS.

Seperti banyak sayuran lainnya, rumput laut rendah kalori – secangkir rumput laut mentah atau wakame, mengandung kurang dari 20 kalori. Makan rumput laut bermanfaat bagi kesehatan Anda, karena sayuran laut menyediakan sumber yang kaya nutrisi penting.

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

VitaminK

Rumput laut merupakan sumber vitamin K, nutrisi yang larut dalam lemak. Vitamin K berkaitan dengan trombosit, jenis sel yang membentuk bekuan darah. Ketika Anda terkena cedera, vitamin K membantu mengirim sinyal kimia yang memberitahu trombosit Anda untuk agregat dan membentuk bekuan darah, sehingga tubuh Anda dapat menghentikan aliran darah dari luka. Beberapa jenis rumput laut dapat membantu Anda mencapai asupan vitamin K harian yang direkomendasikan yaitu sebesar 90 mikrogram untuk wanita atau 120 untuk laki-laki. Secangkir rumput laut mengandung 26,4 mikrogram gizi sekitar 29 atau 22 persen dari kebutuhan vitamin K setiap hari untuk wanita juga laki-laki. Wakame mengandung vitamin K sebanyak 2,1 mikrogram per cangkir dan selagi kering mengandung 1,8 mikrogram per sendok makan.
Kalsium
Menambahkan rumput laut untuk diet harian Anda juga dapat membantu Anda untuk dapat meningkatkan asupan kalsium, yang merupakan mineral penting untuk pertumbuhan tulang. Sebagian besar kalsium tubuh Anda bergerak untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat – kalsium membentuk bagian dari hidroksiapatit, jaringan mineral yang terdiri dari sebagian besar tulang Anda. Jumlah yang lebih kecil dari kalsium juga dapat membantu otot-otot Anda, membantu dalam hubungan antar sel dan berkontribusi terhadap fungsi sistem saraf. Wakame mengandung sekitar 60 miligram kalsium, atau 6 persen dari kebutuhan kalsium harian Anda.
Zat besi

Sayuran laut, termasuk beberapa varietas rumput laut, mengandung zat besi. Zat besi membantu Anda menghasilkan energi yang diperlukan untuk bahan bakar aktivitas sehari-hari, dan juga membantu menyehatkan sistem peredaran darah untuk meningkatkan aliran darah ke jaringan tubuh Anda. Kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan anemia defisiensi zat besi, suatu kondisi yang ditandai oleh tingkat energi yang menurun, kulit pucat dan sesak napas. Secangkir rumput laut atau rumput laut wakame menawarkan 1,1 atau 0,8 miligram zat besi, sedangkan setiap sendok makan rumput laut kering menyediakan 2 miligram mineral. Sertakan rumput laut ke dalam diet Anda untuk membantu Anda mencapai 8 miligram zat besi yang dibutuhkan setiap hari untuk laki-laki, atau 18 miligram untuk wanita.

sumber : zonakesehatan.info

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s