Manfaat Cumi Cumi Dan Nutrisinya Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan cumi cumi yang kaya aka mineral dan vitamin sangat memiliki manfaat bagi kinerja organ tubuh. 

Namun terlalu banyak mengkonsumsinya juga tidak terlalu baik buat kesehatan…

Cumi-Cumi merupakan anggota dari keluarga moluska, yang masih bekerabat dengan gurita. Cumi sendiri memiliki rasa yang khas dan kenyal dengan rasa sedikit manis.

Cumi cumi kaya akan vitamin dan mineral, namun jangan terlalu banyak mengkonsumsinya karena hewan ini juga kaya akan kandungan lemak, sodium dan tingkat kolesterol jenuh yang tinggi.

Manfaat Cumi cumi :

Kandungan Gizi

Satu porsi atau seberat 3-ons cumi goreng mengandung sekitar 150 kalori, 15 gram protein, 6,4 gram lemak dan 6,3 gram karbohidrat. Kadar protein menyumbang 31 persen dari kebutuhan harian yang diperlukan. Kandungan lemak cumi sekitar 10 persen dari kebutuhan harian. Cumi-cumi juga mengandung sedikit karbohidrat dengan hanya 2 persen dari kebutuhan harian.
Vitamin
Seperti banyak jenis makanan laut, cumi-cumi merupakan sumber yang kaya vitamin B. Satu porsi dengan 3-ons cumi mengandung 31 persen dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan untuk zat riboflavin dan 14 persen dari dari kebutuhan harian untuk zat niasin. Vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan nafsu makan yang sehat dan pencernaan, serta membantu produksi energi, pemeliharaan kulit dan fungsi neurologis. Cumi cumi juga mengandung sejumlah vitamin penting lainnya amun dalam kadar yang kecil.
Mineral
Cumi sangat kaya mineral disbanding vitamin. Hewan ini menyediakan 17 persen dari kebutuhan harian untuk fosfor, dan 10 persen untuk seng serta 8 persen untuk magnesium. Mineral sendiri dapat membantu dalam sintesis protein, produksi energi, kesehatan tulang, fungsi kekebalan tubuh, proses neurologis, pertumbuhan dan perkembangan yang normal, serta reproduksi dan regulasi glukosa yang dapat membantu mencegah atau memperbaiki diabetes.

Kadar Merkuri

Kontaminasi merkuri adalah masalah dengan beberapa jenis makanan laut, tetapi Anda tidak perlu khawatir tentang hal ini pada cumi. Biasanya cumi cumi adalah salah satu jenis makanan laut yang memiliki tingkat terendah dari merkuri, sehingga Anda dapat dengan tenang menikmatinya hingga dua porsi dengan 6 ons per minggu, menurut American Pregnancy Association.
Pertimbangan
Cumi yang kaya akan vitamin dan mineral, namun memakan terlalu banyak cumi dapat memiliki implikasi kesehatan negatif. Satu porsi 3-ons memiliki sekitar 75 persen dari kebutuhan harian untuk kolesterol, 10 persen untuk natrium dan 8 persen untuk lemak jenuh. Asupan makanan yang berlebihan dari nutrisi ini dapat berkontribusi terhadap penyakit jantung, risiko stroke, kanker tertentu dan tekanan darah tinggi. Cobalah untuk memakan cumi yang dikukus atau direbus. Satu porsi cumi dengan berat 3-ons hanya memiliki 2 persen dari kebutuhan harian untuk lemak dan kurang dari 2 persen untuk lemak jenuh. Namun, porsi 3-ons cumi yang dikukus atau direbus masih memiliki kadar kol;sterol yang tinggi yaitu sekitar 75 persen dari kebutuhan harian.,

sumber : zonakesehatan.info

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s