Sudah Tahu Gizi Yang Terkandung di Dalam Kepiting? Simak ya

Manfaat kepiting bagi mereka yang memakannya tentu memiliki khasiat untuk kesehatan dengan beberapa jenis vitamin, protein, natrium dan kolesterol didalamnya.

Kepiting salah satu makanan laut yang rendah lemak dan mengandung hanya 82 kalori per 3 ons porsi.

Makanan laut ini memiliki vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan yang baik, dan dapat menjadi bagian dari diet Anda sesekali.

Adabeberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi kepiting, namun manfaatnyajuga bisa juga menyehatkan.

Manfaat kepiting bagi kesehatan

Protein
Rekomendasi harian untuk protein adalah 46 gram untuk wanita dan 56 gram untuk pria. Satu porsi 3-ons daging kepiting mengandung 16.45 gram protein. Protein dalam tubuh Anda dapat rusak secara konstan, dan asupan gizi yang memadai sangat penting untuk membangun kembali otot-otot dan jaringan. Kepiting adalah sumber lengkap protein, yang berarti bahwa protein yang terkandung didalamnya dapat memasok masing-masing dari 20 asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk membuat protein-protein baru.
Vitamin B12

Kepiting merupakan sumber vitamin B12, yang Anda butuhkan sekitar 2,4 mikrogram vitamin ini setiap hari. Satu porsi 3-ons daging kepiting memasok 9.78 mikrogram vitamin B12. Vitamin B12 memungkinkan tubuh Anda untuk memproduksi sel darah merah yang sehat. Vitamin ini juga mendukung fungsi otak yang normal. Mendapatkan jumlah yang cukup akan vitamin B12 dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menurut National Institutes of Health.
NatriumdanKolesterol

Satu porsi 3-ons daging kepiting mengandung 911 miligram sodium. Orang dewasa yang sehat harus membatasi asupan sodium 2.300 miligram per hari atau kurang, sedangkan individu dengan penyakit jantung pada orang yang berumur di atas 50 tahun harus membatasi asupan natrium sampai 1.500 miligram atau kurang. Terlalu banyak sodium dapat meningkatkan risiko stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan gagal jantung kongestif. Porsi 3 ons dari daging kepiting mengandung 45 miligram kolesterol. Mengkonsumsi terlalu banyak kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung dan stroke. Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih dari 300 miligram kolesterol per hari, tetapi jika Anda memiliki penyakit jantung, Anda harus membatasi asupan hingga 200 miligram kolesterol atau kurang.

Asam amino penting

Asupan yang disarankan untuk setiap asam amino esensial tergantung pada berat badan Anda, karena persyaratan ini dinyatakan dalam miligram per kilogram berat. Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan konsumsi harian 4 miligram per kilogram triptofan, 15 miligram per kilogram treonin, 20 miligram per kilogram isoleusin, 39 miligram per kilogram leusin, 30 miligram per kilogram lisin, 10,4 miligram per kilogram metionin , 25 miligram per kilogram fenilalanin, 26 miligram per kilogram valin dan 10 miligram per kilogram histidin. Satu porsi 3-ons kepiting yang dimasak mengandung 200 miligram triptofan, 700 miligram treonin, 800 miligram isoleusin, leusin 1.300 miligram, 1.400 miligram lisin, 50 miligram metionin, 700 miligram fenilalanin, 800 miligram valin dan 300 miligram histidin.

Asam Amino Nonesensial

Asam amino nonesensial termasuk alanin, asam aspartat, asam glutamat dan asparagin. Tubuh Anda dapat membuat zat ini, sehingga Anda tidak perlu untuk mendapatkannya melalui diet Anda. Namun, porsi 3-ons Kepiting menyediakan 0,9 gram alanin, 1,7 gram asam aspartat dan 2,8 gram asam glutamat.

sumber : zonakesehatan.info

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s