Nutrisi Lobster dan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Lobster merupakan makanan lezat yang bergizi dan memiliki manfaat kesehatan jika dikonsumsi dengan tidak berlebihan dan dengan porsi yang sedang.

Lobster, telah lama dianggap sebagai item makanan mewah, hal ini sangat wajar, karena memang makanan ini selalu dipatok dengan harga yang tinggi, dan selalu berada di rumah makan mewah, dan restoran.

Hewan laut ini ini menawarkan sejumlah besar vitamin dan mineral penting didalamnya, tetapi ada pertimbangan tertentu untuk memperhitungkan saat makan lobster, terutama jika dimasak dengan banyak garam atau diolah dengan dilumuri mentega.

Manfaat Lobster Dan Kandungannya

Kandungan Gizi

Satu cangkir daging lobster dimasak menggunakan metode tumis hanya berisi129 kalori. Lobster juga mengandung protein, sebesar 28 gram, atau 16 persen dari rekomendasi harian, berdasarkan diet 2.000 kalori, menurut MayoClinic.com. Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat dan juga menyediakan sumber energi yang signifikan. Lobster mengandung sejumlah lemak, dan tidak memiliki karbohidrat atau serat.

Vitamin
Secangkir daging lobster memberikan sejumlah besar vitamin B, termasuk 17 persen dari kecukupan gizi yang dianjurkan dari niacin, 13 persen dari vitamin B-6 dan 9 persen dari vitamin B-12. Vitamin ini memainkan peran penting dalam metabolisme, fungsi neurologis, pemeliharaan kulit yang sehat dan pembentukan sel darah merah. Selain vitamin B, 1 cangkir lobster juga memasok 10 persen dari kebutuhan yang disarankan akan vitamin E, yang sangat penting untuk penyerapan vitamin A dan C serta untuk pencegahan kerusakan membran sel. Vitamin E juga merupakan antioksidan kuat.
Mineral
Lobster mengandung sejumlah zat mineral seperti fosfor, magnesium, kalium dan seng. Mineral ini membantu dalam kesehatan tulang, fungsi sel, regulasi glukosa, produksi energi dan kesehatan neurologis. Lobster juga mengandung sejumlah kecil mineral lainnya.
Pertimbangan
Secara keseluruhan, lobster dimakan dalam jumlah yang sedang adalah sumber protein yang sehat dengan memiliki vitamin dan mineral didalamnya, tetapi memiliki kekurangan. 1 cangkir porsi daging lobster mengandung kolesterol sebesar 71 persen dari kebutuhan harian dan 31 persen natrium. Mengkonsumsi kolesterol yang berlebihan dan asupan natrium, keduanya dapat berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung dan stroke, dan natrium juga memainkan peran dalam tekanan darah tinggi.

sumber : zonakesehatan.info

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s