Wajib Baca ! MANFAAT KEPITING BAGI KESEHATAN TUBUH

Wajib Baca ! MANFAAT KEPITING BAGI KESEHATAN TUBUH – Kepiting  merupakan binatang bercangkang keras yang tersusun dari kitin memiliki sistem pertahanan dari serangan mangsa berupa sepasang capit diagian kaki depan , ia termasuk dari anggota Crustacea yan memiliki lima pasang kaki, memiliki perut yang tersembunyi dibawah thorax (dada). Banyak orang ada yang menyebutnya nama lain dari binatang ini yaitu dengan istilah “ketam”. Binatang kepiting ini sangat mudah dijumpai terutama di daerah yang memiliki iklim tropis salah satunya seperti di negara Indonesia.Dari jenis kepiting ini ada yang hidup diperairan laut (Rajungan ) dan ada juga yang hidup di air tawar (yuyu). Kepiting yang hidup diperairan laut ini memiliki bentuk tubuh cenderung lebih besar sedangkan yang berhabitat diperairan air tawar kalah lebih kecil dari pada yang berhabitat di perairan air laut.
Dibalik keunikannya binatang ini ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berdasarkan uji penelitian setiap per 100 gram kepiting memiliki sumber nutrisi yang cukup besar diantaranya adalah

Fosfor  250 gram
Kalsium 210 gram
Karbohidrat 14,1 gram
Lemak 3,8 gram
Energi 151 kkal
Protein 13,8 gram
Vitamin A 200 IU
Vitamin B1 0,05 mili gram
Vitamin C 0,1 mili gram
Zat besi 1 mili gram.

MANFAAT KEPITING BAGI KESEHATAN TUBUH

Mengkonsumsi kepiting ternyata meiliki peran penting untuk kesehatan tubuh, selain ,mengandung beberapa nutrisi seperti yang telah disebutkan diatas juga masih terdapat nutrisi lainnya yang sangat diperlukan untuk  menjaga kesehatan tubuh.  Nutrisi tersebut meliputi  mineral Selenium, Copper, Zinc, Vitamin B12, Omega 3  dan lain-lain. Dari beberapa nutrisi tersebut memiliki manfaat yang diperlukan tubuh diantaranya sebagai berikut.

MERAWAT RAMBUT DAN KULIT

Rambut dan kulit juga memerlukan perawatan dari dalam tubuh yaitu dengan mengkonsumsi makanan yan bergizi salah satu diantara yang lainnya adalah kepiting. Kandungan Zinc dan Vitamin B12 dalam kepiting sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Zinc ini diperlukan untuk menjaga dan mencegah kerontokan pada rambut. Sedangkan Vitamin B12 ini memiliki peran dalam menjaga kesuburan sel kulit dari kekeriputan, jadi mengkonsumsi kepiting dengan teratur tidak tertutup kemungkinan memiliki peluang dapat menunda penuaan dini.

MENCEGAH PENYAKIT ANEMIA

Dengan bantuan Vitamin B12 , Zinc, dan Copper yang terdapat pada kepiting timbulnya penyakit anemia dapat dicegah. Zat-zat tersebut memiliki peran mampu memproduksi sel darah merah yang efektif. Selain untuk mencegah juga dapat digunakan untuk proses penyembuhan penyakit anemia jadi sangat cocok untuk dikonsumsi pada penderita anemia.

MENJAGA KESEHATAN MATA

Selain pada wortel jumlah Vitamin A yang melimpah yang terdapat pada kepiting sangat berperan untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan gangguan pada mata, hal ini sangat cocok untuk dikonsumsi  yang banyak membutuhkan sumber asupan Vitamin A.

MEMBANTU MENCERDASKAN OTAK

Menjaga kecerdasan otak adalah hal utama yang harus diperhatikan, selain mengkonsumsi susu kandungan omega 3 yang terkandung dalam kepiting dikenal mampu mencerdaskan otak dalam masa pertumbuhan. Ada baiknya meyuguhi hidangan kepiting pada anak-anak yang tidak alergi terhadap kepiting karena pada masa anak-anak pertumbuhannya masih sangat bagus.

MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH

Kandungan gizi pada kepiting memiliki peran untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya  sistem kekebalan  tubuh maka faktor-fakor penyebab terjadinya penyakit dapat dicegah. Hal paling berbahaya pada kesehatan adalah membiarkan masuknya zat karsinogen kedalam tubuh. Karsinogen ini adalah zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Maka dengan mengkonsumsi kepiting secara teratur mampu membantu menetralkankan zat karsinogen yang masuk kedalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh tetap terjaga

MENCEGAH OSTEOPOROSIS

Mengkonsumsi kepiting mampu mencegah terjadinya kekeroposan tulang karena kaya akan protein dan copper. Selain kalsium, copper ini diperlukan tubuh untuk membantu proses pembentukan sel syaraf pada tulang.

EFEK NEGATIF DARI KEPITING

Selain memberi manfaat baik bagi kesehatan tubuh, mengkonsumsi kepiting juga memiliki efek negatif bagi kesehatan. Hanya saja jika itu menkonsumsi secara berlebihan, sesuatu apapun yang berlebihan memang memiliki dampak yang tidak baik. Kandungan kolesterol pada kepiting memang terbilang tinggi, jika mengkonsumsi kepiting secara tidak teratur atau berlebihan dapat menyebabkan penumpukan kolsterol tinggi dalam darah, secara umum penyakit yang ditimbulkan karena kelebihan kolesterol diantaranya adalah sebagai berikut  : Penyakit Stroke, Penyakit Diabetes, Penyakit Hipertensi dan lain sebagainya.

Demikian informasi mengenai “Manfaat kepiting dan efeknya bagi kesehatan tubuh” semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih atas kunjungannya jangan lupa bagikan untuk teman-teman, barangkali ada yang sedang membutuhkan informasi.

sumber : firdaus45.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s