Manfaat Kerang Serta Kandungan Gizinya Bagi Kesehatan Tubuh 

Manfaat yang terkandung dalam kerang memiliki kandungan protein dan beberapa zat mineral yang dapat membantu kinerja tubuh.

Kerang dalah hewan air yang bertubuh lunak namun tubuhnya dilindungi oleh cangkangnya yang kuat.

Rasanya yang sangat lezat sehingga sering dinikmati oleh mereka para penikmat seafood.

Namun hati-hati dalam mengkonsumsinya, jangan terlalu berlebihan karena kandungan kolesterol dan kadar natriumnya juga sangat tinggi.

Mau tahu lebih lanjut mengenai gizi dan juga manfaatnya buat kesehatan, yuk baca terus sampai abis yaaaa….

Manfaat Kerang bagi kesehatan

Sumber Protein

Satu porsi 3-ons kerang kukus menyediakan 22 gram protein, atau 44 persen dari nilai harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Bagian 3-ons kerang hanya memiliki 126 kalori dan kurang dari 2 gram lemak total. Satu porsi kerang kukus mengandung 4 gram karbohidrat. Makanan yang tinggi protein, namun rendah kalori dapat membantu Anda menurunkan berat badan atau mencegah kenaikan berat badan karena protein membantu Anda merasa kenyang lebih lama setelah makan sehingga Anda dapat mengkonsumsi lebih sedikit makanan berkalori pada waktu makan berikutnya.
Kaya Mineral dan Vitamin

Dalam satu porsi 3-ons, kerang kukus menyediakan 24 miligram zat besi, atau 133 persen dari nilai harian. Zat Besi diperlukan untuk mencegah anemia atau kekurangan zat besi dalam darah, dan kebanyakan perempuan dan anak-anak kurang akan asupan zat besi. Sebagian 3-ons kerang memberikan 18 miligram vitamin C, atau 30 persen dari nilai harian yang disarankan. Vitamin C merupakan vitamin antioksidan yang umum ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, menurut Linus Pauling Institute Micronutrient Information Center. Kerang juga merupakan sumber yang baik dari vitamin B-12, vitamin A, kalsium, selenium dan potasium.
Omega-3 Asam Lemak

Sebagian 3-ons kerang mengandung 117 asam eicosapentaenoic, atau EPA, dan 174 miligram asam docosahexaenoic, atau DHA. EPA dan DHA adalah omega-3 asam lemak, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar trigliserida darah Anda. Manfaat makan kerang dapat meningkatkan konsumsi lemak omega-3, juga perlu diketahui bahwa kerang bebas dari kandungan merkuri, tidak seperti jenis seafood yang lain, menurut Department of Health and Human Services, USA.
Bahan Pertimbangan

Kerang kukus secara alami merupakan makanan yang tinggi sodium, dengan kandungan 1.022 miligram natrium dalam porsi 3-ons. Orang dewasa yang sehat harus membatasi asupan natrium untuk 2.300 miligram per hari karena dapat meningkatkan tekanan darah. Sebagian 3-ons kerang kukus juga mengandung 57 miligram kolesterol, atau 19 persen dari jumlah maksimum orang dewasa dalam satu hari. Mengkonsumsi makanan yang tinggi kolesterol dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah Anda, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

sumber : zonakesehatan.info

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s