Fahamilah Manfaat Udang Sebelum Mengkonsumsi

Berbagai macam jenis udang diantaranya udang windu, udang galah dan lobster. Udang dapat hidup di mana saja, diperairan air tawar, air payau maupun air asin dengan kedalaman yang bervariasi hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan air. Udang sering disebut juga makanan laut (seafood). Khusus udang merupakan sebagai bahan makanan bernutrisi tinggi.

Udang telah diolah menjadi berbagai masakan lezat dan gurih, namun tentunya berbagai penyajian masakan yang dibuat dari udang berpengaruh terhadap kandungan nutrisinya. Seperti halnya dengan jenis seafood lainnya, udang kaya akan kalsium dan protein. Jadi udang termasuk dalam sumber protein hewani. Selera makan Anda akan bertambah saat melihat beberapa hidangan yang dibuat dari bahan utamanya adalah udang. Udang merupakan hasil laut yang memliki cita rasa yang lezat dan sehat bagi orang-orang yang memiliki kadar kolestrol normal. Hal ini dipengaruhi karena udang rendah akan kalori dan lemak jenuh, meskipun udang mempunyai kandungan kolestrol cukup tinggi. Tetapi ada manfaat lain yang terdapat pada udang yaitu kandungan lemak atau kolestrol dalam udang rendah dan mengandung protein yang tinggi dengan komposisi asam amino esesnsial lengkap sehingga udang termasuk jenis hidangan yang banyak disukai. Udang dapat membatu program diet Anda. Obesitas adalah hal yang sering ditakutin banyak orang karena obesitas akan membuat Anda semakin cepat terkena penyakit jantung. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi udang selain mempunyai kandungan protein dan asam amino yang mudah diserap oleh tubuh sehingga akan memperlancar pencernaan Anda. Udang sangat cocok untuk perkembangan anak, dengan besarnya vitamin D, B12 serta asam lemak omega 3 dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan anak. Manfaat mengkonsumsi udang untuk kesehatan tubuh dan untuk menghasilkan generasi yang lebih cerdas serta tangguh. Udang merupakan golongan seafood yang memiliki rasa lezat dan gurih. Udang mengandung protein dengan komposisi asam amino esensial yang lengkap. Namun, sampai sekarang masih banyak orang yang takut mengkonsumsi udang dalam jumlah banyak karena alasan kandungan kolesterol. Sebenarnya kadar kolesterol dalam udang tidak terlalu tinggi.

Keuntungan Konsumsi Udang
1. Mencegah Kanker adalah setiap 85 gram udang kukus dapat mencukupi 48 persen dari jumlah selenium harian tubuh. Kekurangan selenium telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker prostat. Di samping itu, selenium juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.
2. Mencegah Anemia adalah Udang mengandung vitamin B12, yang merupakan nutrisi penunjang produksi sel darah merah sehingga dapat membantu mencegah penyakit anemia. Hal ini akan membuat metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak dalam sel tubuh berlangsung sempurna.
3. Meningkatkan Energi adalah Udang sangat kaya kandungan zat besinya. Mengkonsumsi udang, maka asupan zat besi yang merupakan nutrisi penting dalam pembentukan energi akan terpenuhi. Energi yang akan diperoleh juga tidak akan berlebih karena kalori yang dikandung tidak tinggi.
4. Menguatkan Tulang adalah Hewan yang termasuk tergolong crustacea ini memiliki kandungan fosfor dalam tubuhnya. Saat mengkonsumsi udang, sebaiknya dimakan bersama kulitnya karena kulit udang mengandung glucosamine yang bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian tulang. Penipisan atau kerusakan pada tulang rawan akan mengakibatkan nyeri yang hebat pada persendian, yang biasa disebut sebagai pengapuran.
5. Membantu Memproses Lemak adalah Niasin (vitamin B3) yang terkandung dalam udang dapat membantu memproses lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi untuk tubuh. Niasin juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit kering.
6. Mengurangi Resiko Depresi adalah Udang juga mengandung asam lemak esensial dan omega 3. Selain itu omega-3 dapat meningkatkan kecerdasan otak.
7. Menstabilkan Kadar Gula dalam Darah adalah Udang mengandung sumber magnesium. Penelitian menyatakan bahwa magnesium dapat membantu mencegah berkembangnya diabetes.
8. Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid adalah Tiroid yang sehat dapat meningkatkan aktivitas sel dan mengatur metabolisme dalam tubuh dengan baik. Udang merupakan makanan yang banyak disukai, dengan memiliki daging yang gurih dan rasanya yang lezat sehingga banyak orang yang menggemari masakan yang satu ini. Melimpahnya hasil udang yang ada diperairan Indonesia membuat peluang untuk membudidayakan dan memasarkan udang dapat memberikan hasil yang potensial. Terlebih lagi udang memiliki jenis dan ciri yang unik. Tidak heran banyak orang yang tergiur untuk menangkap atau membudidayakan udang.

Jenis-Jenis Udang

1. Udang Jerbung (Penaeus merguiensis)
Ciri-cirinya memiliki kulit tipis dan licin, warna putih kekuningan dengan bintik hijau dan ada yang berwarna kuning kemerahan. Udang ini mempunyai jenis-jenis lain seperti : udang peci (white shrimp) dan udang bamboo (bamboo shrimp).
2. Udang Flower (Penaeus sp)
Ciri-cirinya berwarna hijau kehitaman dengan garis melintang cokelat, kulit dan kakinya agak kemerahan. Dengan corak warnanya seperti bunga.
3. Udang Windu / Pacet / Tiger (Penaeus Monodon)
Ciri-cirinya mempunyai kulit tebal dank eras, berwarna hijau kebiruan dengan garis melintang yang gelap.
4. Udang Cokelat / Tokal / Galah / Fresh Water (Macrobrachium sp)
Ciri-cirinya memiliki warna yang bermacam-macam misalnya hijau kebiruan, hijau kecoklatan, kuning kecoklatan dan berbecak seperti udang windu tetapi bentuknya bulat. Udang ini termasuk udang air tawar.
5. Udang Dogol (Metapenaeus Monoceros)
Ciri-cirinya kulit tebal dan kasar, berwarna merah muda agak kekuningan.
6. Udang Kucing (Cat Prawn)
Ciri-cirinya bentuk yang kecil, memiliki warna hijau dengan garus melintang kuning dan putih.
7. Udang Medium
Ciri-cirinya mempunyai warna lebih gelap dan berbintik hitam. Udang ini termasuk jenis udang peci.
8. Udang Sikat / Kipas (Panulirus sp)
Ciri-cirinya udang ini seperti lobster tetapi memiliki ukuran lebih kecil dan kulitnya lebih lunak serta agak kasar. Wrna kulit kecoklatan bergaris melintang.
9. Udang Karang / Barong (Panulirus sp)
Ciri-cirinya seperti udang sikat tetapi memiliki ukuran agak besar dan kulit keras. Memiliki warna yang bermacam ada hijau, cokelat, cokelat kemerahan dan hitam kebiruan dengan bintik putih, merah atau cokelat.

KANDUNGAN GIZI PER 100 Gram UDANG
Energi : 86 kal
Air : 75,0 gram
Protein : 21,0 gram
Lemak : 0,2 gram
Karbohidrat : 0,1 gram
Mineral : 3,7 gram
Kalsium : 136 mg
Fosfor : 170
Besi : 8,0
Akt. Retinol : 20
Thiamine : 0,01
Asam askorbat : 0

sumber : lezatgrup.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s