Kelezatan Olahan Kepiting dengan Aneka Saus

SAJIAN seafood yang bergizi tinggi, masih menjadi primadona di negeri ini. Apalagi, Indonesia merupakan negara dengan kekayaan laut yang melimpah sehingga aneka potensi laut seringkali diolah menjadi hidangan yang lezat.

Di Bandung yang jauh dari laut, memiliki banyak restoran seafood baik yang permanen maupun di tepi jalan. Dari sekian banyak hidangan seafood, kepiting merupakan satu yang menjadi favorit. Dibalik cangkangnya yang keras, kepiting memiliki daging yang lembut namun lezat. Selain itu, kepiting pun memiliki lemak yang sedikit sehingga sehat untuk dikonsumsi.

Salah satu tempat di Bandung, yang menawarkan aneka olahan kepiting adalah Kedai Chef Epi di Papaya Fresh Gallery, Jalan Sukajadi. Di tempat ini, dapat ditemukan sajian kepiting dengan aneka saus berbeda.

Menurut sang pemilik, Zefri, konsep hidangan kepiting di tempatnya mengambil unsur warna-warni. Aneka menu kepiting diantaranya disebut dengan nama-nama seperti kepiting merah, kepiting hitam, kepiting coklat, atau kepiting putih.

“Jenis kepitingnya saya ambil kepiting Papua dan Makassar karena dagingnya lebih manis, lebih padat serta lebih kenyal,” katanya belum lama ini.

Untuk menu kepiting merah misalnya. Zefri mengolah kepiting dengan bubuhan saus pedas homemade yang khas. Basic sausnya sendiri adalah saus padang yang terkenal pedas.”Bahan utamanya dari cabai rawit domba sehingga pedasnya bakal terasa,” ucapnya.

Selain kepiting merah, ada juga menu kepiting hitam. Untuk menu ini, saus yang digunakan adalah saus lada hitam yang spicy. Ada juga menu kepiting cokelat dengan lumuran saus tiram yang tak kalah menggoda.

Zefry mengatakan proses pengolahan kepiting terhitung singkat. Kepiting langsung dimasak dengan timing yang pas. “Kepiting itu masaknya harus sebentar, waktunya harus pas agar rasa dagingnya enak. Rata-rata proses memasak kepiting sekitar 15 menit,” ucap Zefri.

Untuk seporsi kepiting, ditawarkan di kisaran Rp 320.000- 380.000. Seporsi ini terdiri dari dua ekor kepiting dengan berat kira-kira 500 gram.

Tempat lain yang menawarkan menu kepiting adalah Praoe Seafood di kawasan Jalan Sumatra. Tempat ini memiliki menu andalan bernama kepiting telur asin.

Menurut pemilik Praoe Seafood, Christof Pranata, menu ini merupakan olahan kepiting yang digoreng dengan tepung dan disajikan dengan saus telur asin. Saus telur asinnya sendiri terbuat dari bagian kuning telur asin dengan aneka bumbu lain.

Untuk menikmati olahan kepiting ini, anda bisa menggunakan tangan langsung ataupun alat bantu khusus untuk melepas capit kepiting. Dengan begitu, daging kepiting yang lezat dapat dinikmati dengan sempurna.

Olahan kepiting dengan saus yang lezat juga dapat dinikmati di rumah makan HDL Cilaki. Di rumah makan ini menu kepiting andalannya adalah kepiting asap saus padang. Sementara di Restoran Parit 9 di Jalan Anggrek terkenal dengan kepiting saus singapura. Kelezatan kepiting saus singapura juga dapat dinikmati di Restoran Raja Rasa. (*)  

Kelezatan Kepiting di Bandung
1. Kedai Chef Epi, Jl Sukajadi 201
2. Praoe Seafood, Jl Sumatra 31
3. HDL 293 Cilaki, Jl Diponegoro 54
4. Parit 9, Jl Anggrek 61
5. Raja Rasa, Jl Setra Ria 1
6. Captain’s Seafood, Jl R.E. Martadinata 217
7. Bali Seafood, Jl Wastukancana 55-57

sumber :  jabar.tribunnews.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s